Pendidikan Luar Sekolah

Leave a Comment

SAP PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
SILABI PERKULIAHAN


Standar Kompetensi : Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa mampu memiliki wawasan tentang seluk beluk pendidikan non formal dan cara penerapannya.

Indikator : Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1. Menjelaskan tentang pengertian dan tujuan pendidikan luar sekolah;
2. Menjelaskan tentang kebijakan pemerintah mengenai pendidikan luar sekolah;
3. Menjelaskan tentang sejarah perkembangan pendidikan luar sekolah;
4. Menjelaskan tentang jenis-jenis pendidikan luar sekolah;
5. Menjelaskan tentang kurikulum pendidikan luar sekolah;
6. Menjelaskan tentang metodologi pembelajaran pendidikan luar sekolah.

2. Deskripsi Mata Kuliah : Bahasan utama mata kuliah ini adalah: 1) pengertian dan tujuan mempelajari Pendidikan Luar Sekolah; 2) kebijakan pemerintah mengenai pendidikan luar sekolah; 3) perkembangan pendidikan luar sekolah; 4) jenis-jenis pendidikan luar sekolah; 5) kurikulum pendidikan luar sekolah; 6) metodologi pembelajaran pendidikan luar sekolah.

3. Tujuan Perkuliahan : Agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang materi pendidikan luar sekolah, dan mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya untuk perumusan konsep dan praktek pendidikan Islam.

4. Materi Perkuliahan : Materi perkuliahan ini adalah sebagai berikut:
1. Pengertian dan tujuan pendidikan luar sekolah
2. Kebijakan pemerintah mengenai pendidikan luar sekolah
3. Sejarah perkembangan pendidikan luar sekolah
4. Jenis-jenis pendidikan luar sekolah
5. Kurikulum pendidikan luar sekolah
6. Metodologi pembelajaran pendidikan luar sekolah.

5. Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan belajar orang dewasa, dengan berdasarkan pada asumsi bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar pada mahasiswa. Berdasarkan pada pendekatan tersebut, perlu diberlakukan strategi sebagai berikut:
1. Perkuliahan perdana, dengan metode ceramah dan tanya jawab atau dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa);
2. Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi (seminar), tanya jawab, dan penugasan;
3. Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah, dan mempresentasikannya baik secara individual maupun kolektif untuk didiskusikan pada setiap kali pertemuan.
4. Dengan demikian, mahasiswa dituntut tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah setiap kali pertemuan.

6. Kriteria Penilaian :
Penilaian akan dilakukan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

Nilai Poin Rentang nilai
A 4 80-100
B 3 70-79
C 2 58-69
D 1 48-57
E 0 0-47

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:

No Aspek yang dinilai Persentase
1 Kehadiran 10%
2 Partisipasi dan kemampuan akademik 10%
3 Tugas kelompok 10%
4 Tugas individual 10%
5 Evaluasi tengah semester 20%
6 Evaluasi akhir semester 40%

7. Buku Sumber :
Buku yang digunakan sebagai landasan teoritis dan sumber perkuliahan adalah sebagai berikut:

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999).
Arifin, HM, -Rasyad, Aminuddin, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta:Dirjen.Binbaga Islam dan Universitas Terbuka, 1991).
Fahmi, Asma Hasan, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, (Mabadi al-Tarbiyah al-Islamiyah), (terj.) Ibrahim Husein, (Jakarta:Bulan Bintang, 1979).
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2001)
Joesoef, Sulaiman, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, (Jakarta:Bumi Aksara, 2008)
Joesoef, Sulaiman – Santoso, Slamet, Pendidikan Luar Sekolah, (Surabaya:Usaha Nasional, 1981)
Mujib, Abdul, et., al, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2006), cet. I
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2009), cet. I
Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, untuk pendidkan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia, (Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2006)
Tanlain, Wens, dkk, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:Gramedia, 1989)
UU Sisdiknas No. 2 Tahun 1989
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Joesoef, Soelaiman, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah
, (Jakarta:Bumi Aksara, 2008)
Joesoef, Sulaiman – Santoso, Slamet, Pendidikan Luar Sekolah, (Surabaya:Usaha Nasional, 1981)
Mujib, Abdul, et., al, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2006), cet. I
Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2009), cet. I
Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, untuk pendidkan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia, (Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2006)
Tanlain, Wens, dkk, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:Gramedia, 1989)
UU Sisdiknas No. 2 Tahun 1989
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih telah berkunjung, tinggalkan pesan dengan bahasa yang sopan !!

Diberdayakan oleh Blogger.

Get Free Updates

Subscribe Now